Gaharu | tanaman gaharu dalam pot

Gaharu | tanaman gaharu dalam pot

Gaharu adalah kayu brwrn kehitaman dan mngndng resin khas yg dihslkan oleh ssejmlhjenis tanaman dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dlm industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) krn berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 tahun yang lalu) tlh menjadi komoditi perdagangan dr Kepulauan Nusantara ke IndiaPersiaJazirah Arab, srt Afrika Timur.

Brdsrkan studi dari Ng et al. (1997)[1], diketahui jenis-jenis berikut ini menghasilkan resin gaharu apabila terinfeksi oleh kapang gaharu :

·         Aquilaria apiculina, asal Filipina

·         Aquilaria baillonii, asal Thailand dan Kamboja

·         Aquilaria baneonsis, asal Vietnam

·         Aquilaria beccarain, asal Indonesia

·         Aquilaria brachyantha, asal Malaysia

·         Aquilaria crassna asal MalaysiaThailand, dan Kamboja

·         Aquilaria cumingiana, asal Indonesia & Malaysia

·         Aquilaria filaria, asal Tiongkok

·         Aquilaria grandiflora, asal Tiongkok

·         Aquilaria hilata, asal Indonesia dan Malaysia

·         Aquilaria khasiana, asal India

·         Aquilaria malaccensis, asal MalaysiaThailand, & India

·         Aquilaria microcarpa, asal IndonesiaMalaysia

·         Aquilaria rostrata, asal Malaysia

·         Aquilaria sinensis, asal Tiongkok

·         Aquilaria subintegra, asal Thailand

Proses pembentukan

Gaharu dihasilkan oleh tumbuhan sbg respon dr mikroba yang msk ke dlm jrngn yg terluka.[2] Luka pada tanaman berkayu dpt disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun scr sengaja dengan pengeboran dan penggergajian.[2] Msknya mikroba ke dalam jaringan tanaman dianggap sebagai benda asing shngg sel tumbuhan akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfngs sbg pertahanan terhadap penyakit atau patogen.[3] Senyawa fitoaleksin tersebut dapat berupa resin brwrn coklat dan beraroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilemfloem untuk mncgh meluasnya luka ke jrngn lain.[3] Namun, apabila mikroba yang menginfeksi tanaman dpt mengalahkan sistem prthnn tanaman maka gaharu tidak trbntk dan bagian tumbuhan yang luka dapat membsk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cbng tumbuhan.[4] Senyawa gaharu dpt menghasilkan aroma yang wangi krn mngndng senyawa guia dienalselina-dienone, & selina dienol.[4] Untuk kepentingan komersil, masyarakat mengebor batang tanaman penghasil gaharu & memasukkan inokulum cendawan ke dlmnya. Setiap spesies pohon penghasil gaharu mempunyai mikroba spesifik untk menginduksi penghslan gaharu dalam jmlh yg besar. Bbrp contoh cendawan yang dapat digunakan [sbg|sebagai} inokulum adalah Acremonium sp.,Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium dan Chepalosporium sp.

Nilai ekonomi

Gaharu banyak diperdagangan dg hrg jual yg sngt tinggi terutama untk gaharu dr tumbuhan famili Themeleaceae dengan jenis Aquilaria spp. yg dlm dunia perdgngan disebut sebagai gaharu beringin.[5] Untuk spesies gaharu dg nilai jual yang relatif rendah, biasanya disebut sbg gaharu buaya.[5]Selain ditntkan dari spesies tanaman pnghslnya, kualitas gaharu juga ditentukan oleh bnyknya kndngn resin dalam jaringan kayunya[5]. Semakin tinggi kndngn resin di dlmnya maka harga gaharu tersebut akan smkn mhl dan bgt pula sebaliknya.[5] Secara umum perdgngan gaharu digolongkan menjadi tiga kelas besar, yaitu gubalkemedangan, & abu.[6] Gubal mrpkn kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat.[6] Kemedangan adl kayu gaharu dengan kandungan damar wangi & aroma yg lemah serta memiliki penampakan fisik brwrn kecoklatan sampai abu-abu, memiliki serat kasar, & kayu lunak.[6] Kelas terakhir adl abu gaharu yg mrpkn serbuk kayu hsl pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.[6]

Pengolahan Minyak Gaharu

Sblm dijdkan bhn baku parfum, gaharu harus diolah trlbh dahulu untuk mndptkan minyak & senyawa aromatik yang terkandung di dlmnya. Sbgn kayu gaharu dptdijual ke ahli penyulingan minyak yg biasanya menggunakan teknik distilasi uap atau air untk mengekstraksi minyak dr kayu trsbt.[7] Untuk mendapatkan minyak gaharu dengan distilasi air, kayu gaharu direndam dalam air kmdn dipindahkan ke dlm suatu tmpt untuk menguapkan air hingga minyak yg terkandung keluar ke prmkn wadah dan senyawa aromatik yang menguap dapat dikumpulkan secara terpsh.[7] Teknik distilasi uap menggunakan ptngn gaharu yg dimasukkan ke dlmperalatan distilasi uap.[7] Tenaga uap yang mnybbkn sel tumbuhan dpt terbuka & minyak & senyawa aromatik untuk parfum dapat keluar.[7] Uap air akan membawa senyawa aromatik tersebut kmdn melalui tempat pendinginan yang membuatnya terkondensasi kmbl mnjd cairan.[7] Cairan yang berisi cmprn air & minyak akan dipshkan hngg terbentuk lapisan minyak di bgn atas dan air di bawah.[7] Salah satu metode digunakan saat ini adl ekstraksi dg superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yang terbentuk krn tknn tinggi.[7] CO2cair berfngsi sebagai pelarut aromatik yang dignkn untuk ekstraksi minyak gaharu.[7] Metode ini menguntungkan karena tidak trdpt residu yg tersisa, CO2 dapatdengan mdh diuapkan saat berbentuk gas pada suhu & tekanan normal.[7]

Konservasi

Pada thn 1994, konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat menetapkan bhw tanaman gaharu jenis A. malaccensis masuk ke dalam Appendix II, yaitu tumbuhan yang dibatasi perdangannya.[8] Penetapan tersebut dikarenakan populasi tanaman penghasil gaharu smkn menyusut di alam yg disbbkn para pengusaha gaharu tdk dapat mengnl dengan tepat mana tanaman yg sdh mngndng gaharu & siap dipanen.[9] Untk mencari tanaman pnghsl gaharu, para pengusaha menebang puluhan pohon yang slh (tidak mnghslkan gaharu) shngg jmlh tanaman trst sangat berkurang.[9] Pada thn 2004, Indonesia mengajukan agar semua penghasil gaharu alam yaitu genus Aquilaria & Gyrinops dimasukkan ke dlm dftr Appendix 2 untuk membatasi perdgngnnya shngg perdagangan gaharu harus mempunyai izin dari CITES & dlm kuota trtnt.[10] Hal ini dilkkn untk memstkn jenis pohon gaharu alam dpt berkembang & trsbr dengan baik.[9]

 

2019-02-17 6:02:08 * 2019-02-17 05:26:33

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Gaharu | tanaman gaharu dalam pot adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Gaharu | tanaman gaharu dalam pot"

Posting Komentar

BLOG Belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit