Cabai | bibit cabai yang bagus

Cabai | bibit cabai yang bagus

Cabai atau cabai merah atau chili adl buah & tumbuhan anggt genus Capsicum. Buahnya dapat diglngkn sebagai sayuran mpn bumbu, tergantung bagaimana dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yang pedas sngt terkenal di Asia Tenggara sbg penguat rasa makanan. Bg seni mskn Padang, cabai bhkn dianggap sebagai "bahan makanan pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sangat sulit bg mskn Padang dibuat tnp cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) mrpkn salah satu spesies sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tngg. Cabai mngndng berbagai macam senyawa yang berguna bg kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mengandung antioksidan yg brfngs untuk mnjg tubuh dr serangan radikal bbs. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pd cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn slh satu produk sayuran yg banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia krn memiliki harga jual yg tinggi [2]& mempunyai beberapa mnft kshtn yg salah satunya adalah zat capsaicin yg brfngs dlm mngndlkn penyakit kanker. Sln itu kndngn vitamin C yang ckp tinggi pada cabai dpt mmnh kebutuhan harian stp orang, nmn harus dikonsumsi sckpnya untk menghindari nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yang mdh ditnm di dtrn rendah ataupun di dtrn tngg. Tumbuhan cabai bnyk mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan mmbrkn khngtn panas bila dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditanam dengan mdh sehingga bisa dipakai untuk kbthn sehari-hari tnp harus membelinya di pasar.

Tumbuhan cabai cocok ditanam pd tanah yg kaya humus, gembur & sarang, srt tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sktr 5-6. Wkt tanam yg baik untuk lhn kering adl pd akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk mendapat hrg cabai yang tinggi, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pd bln Oktober dan panen pada bln Desember, wlpn ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diprbnyk melalui bj yang ditanam dari tumbuhan yang sehat srt bebas dari hama dan penyakit. Buah cabai yang tlh diseleksi untk bibit dijemur hngg kering. Kalau panasnya ckp dlm lima hari tlh krngkering kemudian br diambil bjnya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sktr 2-3 kilogram buah cabai (300-500 gr biji).

Permasalahan produksi

Slh satu kendala utama dlm sstm produksi cabai di Indonesia adl adanya serangan lalat buah pada buah cabai. Hama ini sering mnybbkn gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 menunjukkan bhw krskn pada tanaman cabai di Indonesia dapat mencapai 35%. Buah cabai yang trsrng sering tampak sehat & utuh dari luar ttp bila dilht di dlmnya membusuk dan mengandung larva lalat. Pnybbnya trutm adalah lalat buahBactrocera carambolae. Krn gejala awalnya yang tak tmpk jls, sementara hama ini sbnrnnya msh terbatas di Indonesia, lalat buah menjadi hamakarantina yg ditkt shngg dpt mnjd pnghmbt ekspor buah-buahan mpn pada produksi cabai.

Selain lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn salah satu hama pntng pd bddy cabai karena dpt mnybbkn krskn hngg 80%. Cara pengendaliannya dapat mnggnkn insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sbnrnya sudah dilakukan upaya untuk mengendalikan serangan lalat buah ini, di antaranya adl pembrongsongan yang dapat mencegah srngn lalat buah. Akan tetapi, cara ini tidak praktis untk dilkkn pada tanaman cabai dlm areal yang luas. Smtr penggunaan insektisida selain mencemari lngkngn jg sngt brbhy bagi knsmn buah. Oleh krn itu, dibutuhkan cara pngnndln yg ramah lingkungan & cocok untuk ditrpkn di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Cara pengendalian lalat buah pd tanaman cabai, khususnya cabai merah, adalah penggunaan insektisida sintetik krn dianggap praktis, mdh didapat, & mnnjkkn efek yang cepat. Sln insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sbg pnlk lalat buah.[5]

 

 

2019-02-12 20:18:02 * 2019-02-10 19:20:10

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | bibit cabai yang bagus adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | bibit cabai yang bagus"

Posting Komentar

BLOG Belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit