Zaitun | tanaman buah zaitun

Zaitun | tanaman buah zaitun

 

Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil thnn dan hijau abadi, yg buah mudanya dpt dimkn mentah ataupun ssdh diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yg dpt diprgnkn untk berbagai jenis keperluan. Zaitun adl anggota suku Oleaceae.

Ciri-ciri

Tumbuhan zaitun memiliki ciri-ciri di antaranya:

·         tmbh sebagai pohon atau perdu hijau abadi mempunyai bunga berbentuk lonceng

·         pendek & gemuk, tingginya jrng melebihi 8–15 meter(26–49 ft), kecuali jenisPisciottana yg lebih besar & tinggi

·         daun tunggaldengan kddkn berhdpn tnp daun penumpu, brwrn hijau keperakan, brbntk lonjong dengan  panjang 4–10 cm(1,6–3,9 in) dan lebar 1–3 cm (0,39–1,18 in)

·         batang keriput dan terpelintir

·         bunga banci atau berkelamin tunggal dan buah menumpang; bunga kecil-kecil brwrn putih berbulu, dengan  calyx & corolla berbelah sepuluh, dua stamenstigma bifid , biasanya tumbuh pd kayu tahun sblmnya

·         buahnya kecil berupa buah batu (drupe), pnjngnya 1–2,5 centimeter (0,39–0,98 in) dengan  biji memiliki endosperma. Buahnya berukuran lbh kurus dan kecil pada tumbuhan liar dibandingkan pada pembudidayaan.

Zaitun mulai berbuah saat berumr lima tahun dan usianya dpt mencapai ribuan thn, sehingga yang tdnya perdu telah menjadi pohon besar.Pohon zaitun yang berumur ribuan thn di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hdp hingga 2000 tahun.

Zaitun dipanen pd wkt masih hijau smp sudah berwarna ungu. Buah zaitun hitam dalam kaleng mngkn mengandung bahan kimia (biasanya fero sulfat) yg mnjdknnya berwarna hitam secara buatan. Biji Olea europaea biasanya dlm bahasa Inggris di Amerika dsbt pit atau rock, sedangkan di Inggris sbg stone, semuanya brmkn "batu".

Distribusi

Distribusinya mlpt daerah-daerah iklim panas sampai iklim sdng. Kbnykn varietasnya dptdijumpai di AsiaAfrika dan daerah Laut Tengah. Jenis Pisciottana, yang terdiri dr 40.000 pohon, hny ditmkn di daerah sekitar PisciottaCampania, diwlyh selatan Italia, tingginya melebihi rata-rata zaitun di tempat lain, srt batangnya lbh bsr diameternya. Tumbuhan ini masih berkrbt dengan  melati (Jasminum sambac).

Taksonomi

Dikenal enam subspesies alami Olea europaea yang tersebar di wlyh luas:[1][2]

·         Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)lOlea europaea subsp. cuspidata (dr Afrika Selatan smp Afrika TimurArabia smp Barat DayaTiongkok)

·         Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)

·         Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)

·         Olea europaea subsp. maroccana Maroko

·         Olea europaea subsp. laperrinei (AljazairSudanNiger)

Subspecies maroccana adl heksaploid sedangkan cerasiformis tetraploid.[3]

Bntk tumbuhan liar seringkali dianggap spesies tersendiri dengan  nama ilmiah Olea oleaster.

Simbol dan manfaat

Tangkai zaitun berdaun sering dipakai sebagai lambang perdamaian dan telah lama menjadi bagian kebudayaan Barat. Di dalam masyarakat ini dahan zaitun mnjd lambing perdamaian dan telah ditanam sjk ratusan tahun yang lalu untuk [diambl|diambil} buahnya yang sedap. dari filosofi tersebut dapat kita ambil intisari bhw dengan  tmbhnya zaitun akan mmbw perdamaian.

Banyak mnft dr pohon zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dr pohon zaitun juga sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga dgnkn sbg penydp mknn. Apabila diperas buahnya, kita dapat mmprolh minyaknya. Minyak ini dpt digunakan sebagai bumbu salad & blkngn banyak digunakan untk bhn kosmetik yang dpt mnjg kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat mnjdkn kulit awet muda.

 

2019-02-14 17:26:05 * 2019-02-14 14:41:04

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Zaitun | tanaman buah zaitun adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Zaitun | tanaman buah zaitun"

Posting Komentar

BLOG Belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit