Pala | pohon palapa

Pala | pohon palapa

 

Pala (Myristica fragrans) merupakan pohon brp tumbuhan yg berasal dari kepulauan BandaMaluku. Akbt nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempahbuah dan bj pala telah mnjd komoditi perdagangan yang pntng sjk masa Romawi. Pala disebut-sebut dlm ensiklopedia karya Plinius "Si Tua". Semenjak zaman eksplorasi Eropa pala tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius & Karibia (Grenada). Istilah pala jg dipakai untuk biji pala yang diperdgngkn.

Tanaman ini berumah dua (dioecious) shngg dikenal tumbuhan jantan & pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya brbntk lonjong sprt lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mngndng minyak atsiri pada daging buahnya. Bl masak, kulit & daging buah mmbk & biji akan trlht trbngks fuli yg brwrn merah. Satu buah mnghslkn satu bj brwrn coklat.

Pala dipnn bijisalut bijinya (arillus), & daging buahnya. Dalam prdgngn, salut biji pala dinamakan fuli, atau dlm bahasa Inggris disebut mace, dlm istlh farmasi dsbt myristicae arillus atau macis). Daging buah pala dinamakan myristicae fructus cortex. Panen pertama dilkkn 7 smp 9 thn setelah tumbuhannya ditanam & mencapai kmmpn produksi maksimum stlh 25 tahun. Tumbuhnya dapat mncp 20 m dan usianya dapat mencapai ratusan thn.

Sblm dipsrkn, biji dijemur hingga kering stlh dipsh dr fulinya. Pngrngn ini memakan waktu enam smp delapan mngg. Bagian dalam biji akan menyusut dalam proses ini & akan trdngr bl bj digoyangkan. Cangkang bj akan pch & bagian dalam biji dijual sbg pala.

Biji pala mngndng minyak atsiri 7-14%. Bubuk pala dipakai sebagai penyedap untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan mnmn penyegar (sprt eggnog). Minyaknya jg dipakai sebagai cmprn parfum atau sabun.

 

2019-02-07 7:32:19 * 2019-02-06 02:30:29

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Pala | pohon palapa adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Pala | pohon palapa"

Posting Komentar

BLOG Belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit