Cabai | cabai merah keriting

Cabai | cabai merah keriting

Cabai atau cabai merah atau chili adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sbg sayuran maupun bumbu, trgntng bagaimana dgnkn. Sbg bumbu, buah cabai yg pedas sangat terkenal di Asia Tenggara sebagai penguat rasa mknn. Bagi seni mskn Padang, cabai bahkan dianggp sbg "bhn mknn pokok" ke sepuluh (alih-alih sembilan). Sngt sulit bagi masakan Padang dibuat tanpa cabai.

Manfaat Cabai

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) merupakan slh satu jenis sayuran yg mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung brbg jenis snyw yang berguna bagi kshtn manusia. [1]. Sun et al. (2007) mlprkn cabai mngndng antioksidan yang brfngs untk mnjg tbh dari serangan radikal bebas. Kndngn trsbr antioksidan ini adl pd cabai hijau. Cabai jg mengandung Lasparaginase & Capsaicin yg berperan sbg zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) mrpkn salah satu produk sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena mempunyai hrg jual yg tngg [2]& memiliki beberapa mnft kesehatan yg slh satunya adl zat capsaicin yg brfngs dlm mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yg ckp tinggi pd cabai dapat memenuhi kbthn harian setiap orang, nmn harus dikonsumsi sckpnya untk mnghndr nyeri lambung.

Cara penanaman

Cabai atau lombok termasuk dlm suku terong-terongan (Solanaceae) dan merupakan tanaman yg mudah ditnm di dataran rndh ataupun di dataran tngg. Tumbuhan cabai bnyk mengandung vitamin A & vitamin C serta mngndng minyak atsiri capsaicin, yg mnybbkn rasa pedas & memberikan kehangatan panas bila dgnkn untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Cabai dapat ditnm dg mdh sehingga dapat dipakai untk kebutuhan sehari-hari tanpa hrs mmblnya di pasar.

Pohon cabai cocok ditnm pd tanah yg kaya humus, gembur & sarang, serta tidak trgnng air; pH tanah yang ideal sktr 5-6. Wkt tnm yg baik untk lhn krng adalah pada akhir musim hujan (Maret-April). UntkUntuk memperoleh harga cabai yang tngg, bisa juga [dilkkn|dilakukan} pd bln Oktober dan panen pada bulan Desember, wlpn ada risiko kegagalan. Tanaman cabai diprbnyk melalui biji yang ditnm dari tumbuhan yang sehat serta bebas dari hama dan penyakit. Buah cabai yg tlh dislks untk bibit dijmr hingga kering. Kalau pnsnya ckp dlm lima hari telah krngkering kemudian br diambl bijinya: Untuk areal satu hektar dibutuhkan sktr 2-3 kg buah cabai (300-500 gram biji).

Permasalahan produksi

Slh satu kendala utama dlm sstm produksi cabai di Indonesia adalah adanya serangan lalat buah pd buah cabai. Hama ini sering menyebabkan gagal panen[3]. Laporan Departemen Pertanian RI tahun 2006 mnnjkkn bhw krskn pada tanaman cabai di Indonesia dapat mencapai 35%. Buah cabai yang terserang sering tmpk sehat dan utuh dari luar ttp bila dilht di dalamnya membusuk & mengandung larva lalat. Penyebabnya trutm adl lalat buahBactrocera carambolae. Krn gejala awlnya yg tak tampak jelas, sementara hama ini sbnrnnya msh trbts di Indonesia, lalat buah mnjd hamakarantina yang ditkt sehingga dapat menjadi penghambat ekspor buah-buahan maupun pd produksi cabai.

Sln lalat buah, Kutudaun Myzus persicae (Hemiptera: Aphididae) mrpkn salah satu hama pntng pd bddy cabai karena dpt menyebabkan krskn hngg 80%. Cara pngndlnnya bisa menggunakan insektida nabati ekstrak Tephrosia vogelii dan Alpinia galanga[4]

Upaya penanggulangan hama

Sebenarnya sdh dilakukan cara untk mngndlkn srngn lalat buah ini, di antrnya adalah pembrongsongan yg dapat mencegah srngn lalat buah. Akan tetapi, cara ini tidak praktis untk dilkkn pada tanaman cabai dlm areal yg luas. Smtr penggunaan insektisida selain mencemari lngkngn juga sangat brbhy bagi konsumen buah. Oleh karena itu, diperlukan cara pengendalian yang ramah lingkungan dan cocok untuk ditrpkn di areal luas seperti di lahan sentral produksi cabai. Cara pengendalian lalat buah pada tumbuhan cabai, khususnya cabai merah, adl penggunaan insektisida sintetik krn dianggap praktis, mudah diperoleh, & mnnjkkn efek yang cpt. Selain insektisida sintetik, insektisida nabati sprt kacang babi Tephrosia vogelii, jeruk purut Citrus hystrix, serai wangi Cymbopogon citratus efektif sebagai penolak lalat buah.[5]

 

 

2019-02-18 9:57:02 * 2019-02-17 08:49:08

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Cabai | cabai merah keriting adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Cabai | cabai merah keriting"

Posting Komentar

BLOG Belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit