Zaitun | tanaman zaitun dalam pot

Zaitun | tanaman zaitun dalam pot

 

Zaitun (Olea europaea) adalah tanaman kecil thnn & hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mnth ataupun ssdh diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat diprgnkn untuk brbg macam keperluan. Zaitun adl anggota suku Oleaceae.

Ciri-ciri

Tumbuhan zaitun mempunyai ciri-ciri di antaranya:

·         tmbh sbg pohon atau perdu hijau abadi memilki bunga berbentuk lonceng

·         pendek dan gemuk, tingginya jrng melebihi 8–15 meter(26–49 ft), kcl jenisPisciottana yang lbh besar dan tinggi

·         daun tunggaldg kedudukan berhadapan tnp daun penumpu, berwarna hijau keperakan, brbntk lonjong dengan  panjang 4–10 centimeter(1,6–3,9 in) dan lebar 1–3 cm (0,39–1,18 in)

·         batang keriput & terpelintir

·         bunga banci atau berkelamin tunggal & buah menumpang; bunga kecil-kecil brwrn putih berbulu, dengan  calyx & corolla berblh sepuluh, dua stamenstigma bifid , biasanya tmbh pd kayu thn sblmnya

·         buahnya kecil berupa buah batu (drupe), pnjngnya 1–2,5 cm (0,39–0,98 in) dengan  bj mempunyai endosperma. Buahnya berukuran lbh kurus & kecil pd tanaman liar dibandingkan pd pembudidayaan.

Zaitun mulai berbuah saat berumr lima tahun & usianya dpt mncp ribuan thn, sehingga yg tadinya perdu tlh mnjd tumbuhan besar.Pohon zaitun yang berumur ribuan thn di antaranya prnh ditemukan di Palestina yg bertahan hidup hingga 2000 tahun.

Zaitun dipanen pd wkt masih hijau sampai sudah berwarna ungu. Buah zaitun hitam dalam kaleng mungkin mengandung bahan kimia (biasanya fero sulfat) yg mnjdknnya brwrn hitam scr buatan. Bj Olea europaea biasanya dalam bahasa Inggris di Amerika disebut pit atau rock, sdngkn di Inggris sebagai stone, semuanya bermakna "batu".

Distribusi

Distribusinya meliputi daerah-daerah iklim panas sampai iklim sdng. Kbnykn varietasnya dptdijumpai di AsiaAfrika dan daerah Laut Tengah. Varietas Pisciottana, yg trdr dari 40.000 tanaman, hanya ditemukan di daerah sekitar PisciottaCampania, di wilayah selatan Italia, tingginya melebihi rata-rata zaitun di tmpt lain, serta batangnya lebih besar diameternya. Tumbuhan ini masih berkrbt dg  melati (Jasminum sambac).

Taksonomi

Diknl enam subspesies alami Olea europaea yg trsbr di wlyh luas:[1][2]

·         Olea europaea subsp. europaea (Mediterranean Basin)lOlea europaea subsp. cuspidata (dr Afrika Selatan sampai Afrika TimurArabia sampai Barat DayaTiongkok)

·         Olea europaea subsp. guanchica (Canaries)

·         Olea europaea subsp. cerasiformis (Madeira)

·         Olea europaea subsp. maroccana Maroko

·         Olea europaea subsp. laperrinei (AljazairSudanNiger)

Subspecies maroccana adalah heksaploid sdngkn cerasiformis tetraploid.[3]

Bntk tanaman liar seringkali dianggap spesies tersendiri dengan  nm ilmiah Olea oleaster.

Simbol dan manfaat

Tangkai zaitun berdaun sering dipakai sbg lambang perdamaian & telah lama menjadi bagian kebudayaan Barat. Di dalam msyrkt ini dahan zaitun menjadi lmbng perdamaian dan telah ditanam sjk ratusan tahun yang lalu untk [diambl|diambil} buahnya yang sedap. dari filosofi tersebut dpt kita ambil intisari bhw dg  tumbuhnya zaitun akn mmbw perdamaian.

Banyak manfaat dr pohon zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dr pohon zaitun jg sngt bgs, keras dan indah. Selain untuk dimkn buah zaitun jg digunakan sbg penyedap makanan. Apbl diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dpt digunakan sbg bumbu salad dan blkngn banyak digunakan untuk bhn kosmetik yang dapat mnjg kelembaban dan kekencangan kulit shngg diyakini dapat mnjdkn kulit awet muda.

 

2019-01-23 6:01:32 * 2018-12-01 10:47:22

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Zaitun | tanaman zaitun dalam pot adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Zaitun | tanaman zaitun dalam pot"

Posting Komentar

BLOG Belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Map Lokasi

close
WhatsApp Stokbibit